Monday, 5 December 2016

CONTOH TEKS EKSPOSISI. HASIL OBESERVASI. ANALISIS

CONTOH TEKS EKSPOSISI

Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.
Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat” “Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.
“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.
Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.
Dapat dinyatakan bahwa ekonomi Indonesia sebenarnya adalah berbasis ekonomi rakyat. Ekonomi rakyat (banyak) mencakup 99 % dari total jumlah unit usaha (business entity), menyediakan sekitar 80 % kesempatan kerja, melakukan lebih dari 65 % kegiatan distribusi, dan melakukan kegiatan produksi bagi sekitar 55 % produk dan jasa yang dibutuhkan masyarakat, 60 % diantaranya berada di daerah pedesaan, 65 % berusaha dibidang pertanian dan kegiatan lain yang terkait, dan menjadi basis dari 63 % konsumsi domestik, serta tersebar merata diseluruh wilayah Indonesia.


CONTOH TEKS HASIL OBESERVASI

Burung Merpati
Burung merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika. Di daerah Boja, burung merpati hidup berdampingan dengan manusia sebagai hewan peliharaan.
Burung merpati termasuk burung berukuran sedang. Ukuran panjang burung ini antara 20 cm hingga 30 cm dan berat antara 700 gram hingga 900 gram. Bahkan di Desa Puguh pernah di jumpai burung merpati dengan berat hingga hampir mencapai 1 kg.
Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain coklat, putih, hitam, atau perpaduan dari beberapa warna tersebut. Merpati memiliki semacam  sensor dalam hidungnya yang di gunakan untuk mengenali bau rumahnya, inilah  penyebab burung merpati dapat pulang kerumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian seprti, jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya. Bahkan di daerah Boja burung merpati biasa memakan gabah yang sedang di jemur oleh petani.
Di Boja burung merpati tinggal di dalam sarang berbetuk balok dengan lubang persegi sebagai pintunya. Sarang burung merpati sering di sebut pagupon. Pagupon biasanya ditempel di dinding rumah pemilik burung merpati. Burung ini adalah burung yang mudah dipelihara, tak heran di Boja sangat mudah di temui burung merpati.
Burung merpati juga dapat digunakan dalam perlombaan, misalnya balapan atau kontes kecantikan burung merpati. Namun yang sering dijumpai di Boja adalah belapan. Balapan biasanya dilakukan pada lintasan yang lurus atau diterbangkan dari jarak jauh. Dalam hal ini yang digunakan untuk balapan adalah merpati jantan, sedangkan merpati betina hanya untuk pancingan saja. Burung merpati dapat mengenali pasanganya masing-masing, karena burung merpati termasuk burung yang setia terhadap satu pasanganya.
Populasi burung merpati di Indonesia sangatlah besar, namun kebanyakan burung merpati di Indonesia adalah peliharaan. Keberadaan burung merpati liar sangatlah sedikit, mungkin hal ini karena berkurangnya habitat merpati karena pesatnya pembangunan. Burung merpati patut di lestarikan, agar anak cucu kita dapat melihat burung merpati secara langsung, bukan hanya cerita dari orang tuanya.


 CONTOH TEKS  ANALISIS

Teks tertulis bisa didekati dari berbagai perspektif disiplin dan tujuan. Dalam konteks buku ini, kita mendekati analisis wacana dari teks yang ditulis dengan bertanya mengapa teks tertulis menjadi perhatian para peneliti literasi, mengapa mereka perlu dianalisa, dan bagaimana teks-teks dan analisis mereka menginformasikan penelitian teoritis dan empiris dalam keaksaraan. Teks tertulis menjadi perhatian para peneliti keaksaraan karena kemampuan untuk membaca dan memahami mereka adalah definisi untuk melek huruf, pada setidaknya di budaya Barat. Tapi teks yang ditulis jauh dari monolitik. Ada sejumlah ditulis teks genre, dibedakan oleh tujuan atau fungsi serta struktur atau bentuk (misalnya, narasi, puisi, persuasif, informatif). Dan dalam genre, teks bervariasi baik dalam bentuk dan konten. Tujuan utama dari analisis teks tertulis adalah untuk menggambarkan struktur dan konten. Hal ini penting untuk melakukannya karena mapan temuan empiris menunjukkan bahwa struktur dan konten berdampak pada bagaimana pembaca membaca, memahami, mengingat, dan belajar dari teks tertulis (Goldman, 1997; Goldman & Rakestraw, 2000; Hiebert, Englert, & Brennan, 1983; Lorch, 1989).Wacana analisis teks tertulis menyediakan metode untuk teks sistematis menggambarkan bahwa siswa berbunyi sebagai serta mereka mereka menulis.

Untuk mendapatkan rasa dari apa yang kita mungkin ingin kita analisis teks tertulis untuk menangkap membaca lebih dari contoh teks 1 dan 2. Mereka masing-masing berhubungan dengan topik ekosistem sungai dan ditulis untuk memperkenalkan remaja muda (11 - 13 tahun usia) terhadap ide-ide saling ketergantungan dan lingkungan polusi. Saat Anda membacanya, pikirkan bagaimana Anda akan menggambarkan karakteristik mereka, mereka persamaan dan perbedaan mereka. (Lakukan ini sekarang sebelum membaca di dalam bab ini.)
Teks 1: Sungai Tupelo Misteri Pada musim semi tahun 1999, pembangkit listrik tenaga nuklir baru di kota Bregsville pergi intooperation. Warga lokal dan aktivis lingkungan hidup prihatin karena pembangkit listrik terletak di sepanjang cabang Sungai Tupelo. Mereka tahu bahwa sungai merupakan ekosistem yang sangat rapuh. Kata ekosistem menghubungkan ide eko, yang berarti habitat atau


No comments:

Post a Comment

Lebih banyak lagi tentang makalah dan tugas sekolah untuk SMA, SMK, MAN, SMP, MTs
silahkan menuju gudang makalah
klik >>> disini